Rencana Perancangan pabrik Kopi bubuk

Rencana Perancangan Pabrik Kopi Bubuk

Oleh:

Halimatussa’diah(30408407), Angela sula(30408117), Angelin(30408118), Gita Ellyoena(30408395), Gizha Ardhizha(3040957), Iffah Mawaddatunnisa(31408024), Santiago Augusto(30408768)

 

1. Pendahuluan

Kopi adalah salah satu minuman yang sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia. Kopi juga salah satu minuman yang bahan baku pembuatannya mudah di dapat di Indonesia. Ada dua macam jenis kopi yang dapat tumbuh di Indonesia, yaitu kopi arabika dan robusta. Dalam pembuatan laporan ini jenis kopi yang akan dibahas cara proses pengolahannya adalah kopi arabika yang dibudidayakan secara hibrida. Berikut, adalah penjelasan tanaman kopi arabika dan kegunaaannya.

 

Gambar 1.1                                                                                      Gambar 1.2

Cara Pembibitan                                                                               Pohon Kopi

 

Gambar 1.3                                                                                           Gambar 1.4

Kopi Siap dipanen                                                                           Kopi Setelah dijemur

 

Gambar 1.5                                                                            Gambar 1.6

Kopi Sesudah disangrai                                                Bubuk Kopi

 

BUDIDAYA TANAMAN KOPI ARABIKA HIBRIDA

Kopi Arabika Hibrida merupakan tanaman kopi yang banyak ditanam orang karena produksi kopi ini tinggi dan cepat berproduksi dan bernilai ekonomi yang tinggi. Orang menyebutkan kopi ateng karena dengan umur 18 bulan setelah tanam sudah mulai berbungan dan umur sekitar 24 – 26 bulan sudah berproduksi. Dengan penanaman dan perawatan yang relatif mudah dan ringan petani sangat menyenangi serta hasil yang menjanjikan, petani juga menjuluki dengan sebutan kopi sigalar utang.

Cara membibitkan

Biji kopi Arabika Hibrida yang sudah diseleksi kemudian disemaikan ditempat pesemaian khusus. Lalu langkah selanjutnya yang dilakukan adalah:

-       Menyiapkan tempat pembibitan, dengan media tanam pasir.

-       Biji kopi dimasukan dalam media tanam pembibitan sedalam 10 mm.

-       Setelah biji ditanam kemudian disiram sampai jenuh.

-       Ditutup dengan penutup plastik transfaran.

-       Enam hari kemudian diperiksa dengan maksud untuk memeriksa apakah sudah ada pergerakan perkecambahan biji, apakah perlu penyiraman ulang.

-       Sesudah biji berkecambah dan berdaun bulan seperti tapak kuda segera bibit di pindahkan ke media tanam bibit dalam polybag.

-       Ketika memindahkan sambil diseleksi dengan kriteria berakar banyak dan subur itulah yang ditanam dalam polybag.

-       Perawatan, penyiraman bibit dalam polybag perlu dilakukan.

-       Bibit berumur empat sampai enam bulan dilakukan seleksi pertumbuhan bibit  akan dipindahkan ke lahan tanaman budidaya.

Cara menanam bibit kopi Arabika Hibrida di lahan budidaya

-       Lahan yang akan ditanami kopi terlebih dahulu diolah tanahnya dengan dilakukan pembajakan.

-       Pemancangan atau pengajiran dengan jarak 2,5 m x 3 m.

-       Pembuatan lubang tanam dengan ukuran panjang 20 cm, lebar 20 cm dan dalam 30 cm.

-       Masukan kompos kedalam lubang yang sudah dipersiapkan.

-       Tanamlah bibit tersebut kedalam lubang yang sudah dipersiapkan dengan cara mengeluarkan media dan bibit tetap utuh sedangan polybagnya tidak ikut ditanam.

-       Timbulah sebatas leher akar (diatas akar) dengan ditekan supaya agak padat.

Perawatan tanaman

Perawatan dibutuhkan oleh tanaman ini terutama adalah bahwa tanam ini jika diganggu oleh tumbuhan rumput disekitarnya pertumbuhan tanaman kopi akan terhambat. Oleh sebab itu perlu diperhatikan secara rutin disaat pertumbuhan. Pemupukan dilakuakn setelah tanaman berumur empat bulan dan dua belas bulan dengan pemberian pupuk kompos (pupuk organik). Pemupukan berikutnya dilakukan pada tanaman umur dua puluh empat bulan dengan pemberian pupuk buatan seperti mutiara dan SS untuk memacu pertumbuhan bunga atau buah.

Pemanenan

Sebelum dilakukan pemanenan terlebih dahulu dilakukan penilaian terhadap buah kopi dengan maksud agar pada saat memetik tidak terjadi kesalahan yang mengkibatkan kerugian. Pemanenan dilakukan pada buah kopi yang tua atau berwarna merah matang.

Keistimewaan

Kopi Arabika Hibrida (Ateng) mempunyai kelebihan:

  1. Aroma kopi yang khas.
  2. Rasa yang enak.
  3. Jika bubuk kopi dijadikan minuman, menyegarkan.

Kegunaan

Kopi memiliki zat yang disebut cafein. Adapun kegunaan kafein antara lain :

1. Meredakan Sakit Kepala
Kafein bisa meredakan sakit kepala dengan cara melebarkan pembuluh darah otak yang menyempit. lebih jelasnya lihat kandungan obat sakit kepala yang anda beli.

2. Melegakan Asma
Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.

3. Membantu Konsentrasi
Kafein meningkatkan konsentrasi kita dengan cara merangsang otak, bahkan diperkirakan bisa meningkatkan daya ingat jangka panjang makanya klo mau ujian dahuluilah dengan minum kopi.

4. Meningkatkan Daya Tahan
Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama tapi hati-hati kecanduan.

5. Menaikkan gairah berupa rasa Gembira dan Energik.
Walaupun memiliki kegunaan yang banyak tapi kalau berlebihan tentunya juga akan berdampak negatif bagi tubuh, diantaranya:
1. Kanker

Sangat sedikit bukti yang menunjukkan kafein menyebabkan kanker kandung kemih, pangkreas, atau kanker payudara tapi berhati-hatilah. Ketiga jenis kanker tersebut memang sering di kait-kaitkan dengan bahan-bahan yang pernah dimakan di masa lalu.

  1. Penyakit Jantung

Yang penting, kopi diminum disaring dulu. Penyaringan bisa menghilangkan zat-zat yang bisa menghilangkan kadar LDL jenis kolesterol jahat.

3. Hipertensi dan Gangguan Pembuluh Darah
Kafein berfungsi sebagai stimulan (perangsang). Jadi pada orang-orang yang peka, kafein bisa menyebabkan palpitasi jantung (gangguan irama jantung) atau peningkatan tekanan darah, biarpun cuma sedikit dan bersifat sementara. Penderita tekanan darah tinggi dan gangguan jantung lainnya, harus konsultasi dengan dokter bila ingin minum kopi. Harus diingat, kafein yang di maksud bukan hanya yang diminuman kopi, melainkan juga kola, maupun obat flu yang mengandung kafein.

4. Keropos Tulang
Para ahli mendapati, setelah kita minum kopi, kita akan mengeluarkan kalsium ke dalam air seni. Meski demikian, belum ada bukti bahwa kafein menyebabkan keropos tulang. Penelitian terbaru menunjukkan lebih dari 100 orang menapouse yang minimum kopi lebih dari 5 gelas sehari, tidak menunjukkan hubungan antara keropos tulang dengan kebiasaan mereka minum kopi tetapi hal ini masih dalam tahapan research.

5. Fibrosis Payudara
Pada beberapa kasus, beberapa wanita dilaporkan mengalami rasa kemeng sampai nyeri pada payudaranya ketika mereka berhenti minum kopi. Mereka adalah penderita fibrosis payudara, yaitu benjolan jinak yang rasanya sakit. Tetapi para ahli tidak menemukan kaitan antara kafein dengan peningkatan kasus fibrosis payudara.

6. Kehamilan

Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa kafein bisa menganggu kehamilan, meningkatkan resiko keguguran, atau bayi lahir dengan berat badan lebih rendah. Meski demikian, para ahli tetap menganjurkan kaum ibu-ibu untuk berhati-hati. Bila berencana hamil atau sedang hamil, di sarankan membatasi kopi.

7. Gangguan Lain

Kafein menyebabkan susah tidur dan meningkatkan kecemasan, memperburuk kondisi serangan panik pada penderita panik. Kafein juga meningkatkan produksi asam lambung sehingga memperparah sakit maag dan nyeri lambung.
Jadi kesimpulannnya “ngopi” memiliki kegunaan walaupun dilain sisi juga memiliki dampak buruk bagi tubuh. Tapi bad effect bisa terjadi kalo kopi dikonsumsi terlalu berlebihan. Para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi kopi dalam batasan normal yakni satu cangkir sehari. Saran saya jadilah penikmat kopi yang baik.

 

  1. 2. Perusahaan Kontraktor

Perusahaan yang membuat pabrik adalah PT. MULIA ABADI PERKASA. PT. MULIA ABADI PERKASA, adalah salah satu perusahaan kontraktor yang bergerak di dalam pembangunan dan konstruksi didirikan pada tahun 2002, seiring dengan berkembangnya teknologi PT. MULIA ABADI PERKASA berkeinginan untuk mengembangkan diri menjadi suatu perusahaan konstruksi yang establish dibidangnya, dengan didukung tenaga-tenaga muda yang berpotensi dan memiliki dedikasi tinggi dalam berkarya dibidangnya masing-masing.

Biaya pembangunannya dapat dilihat pada rincian biaya.

Langkah yang dilakukan pada proses pembuatan bubuk kopi adalah dilakukan pemisahan biji dengan kulit, langkah selanjutnya adalah penyucian biji kopi sampai lendir-lendir yang ada di biji kopi itu hilang. Selanjutnya dilakukan pengeringan dengan penjemuran dibawah sinar matahari sampai kering. Sesudah kopi di jemur kering maka selanjutnya dilakukan proses menyangrai kopi sampai hitam pekat dan keluar aroma kopi sampai wangi. Langkah terakhir yang dilakukan adalah menggiling kopi sampai menjadi bubuk kopi.

 

Gambar 2.1                                                                                           Gambar 2.2

Pencucian Biji Kopi hingga bersih                 Penjemuran Biji Kopi dibawah Sinar Matahari

 

Gambar 2.3                                                                                           Gambar 2.4

Biji Kopi yang sudah kering                                                           Menyangrai Kopi dengan mesin

 

 

Gambar 2.4

Proses Penggilingan Biji Kopi menjadi Kopi Bubuk

  1. 3. Biaya pembangunan pabrik

Biaya pembangunan pabrik yang didapat dari hasil perhitungan adalah sebesar Rp  263.562.500,-. Dengan modal sebesar Rp 1.000.000.000,- didapat sisa modal sebesar Rp 736.437.500,-.  Sisa modal tersebut digunakan sebagai biaya awal produksi kopi pada bulan pertama.

 

4.  Cashflow Rencana Pabrik kopi Bubuk

  1. Pengeluaran

Biaya pengeluaran merupaka biaya yang dikeluarkan sebagai pembayaran kebutuhan-kebutuhan pabrik.

  1. Biaya investasi
  2. Luas tanah 250 m2 (Rp150.000/m2)                                    = Rp   37.500.000,-
  3. Biaya bangunan 90 m2 (Rp 2.000.000/ m2)                        = Rp 180.000.000,-
  4. Biaya pembelian mesin penggiling

(kapasitas 20-30kg/ jam)                                                    = Rp     6.000.000,-

  1. Biaya  pembelian mesin sangrai

(kapasitas 45 kg/jam) @1,5 juta x 2 buah                           = Rp     3.000.000,-

  1. Mobil                                                                                 = Rp   23.000.000,-
  2. Genset                                                                                = Rp    7.000.000,
  3. Pembayaran IMB untuk pabrik                                           = Rp     3.262.500,-
  4. Pembayaran pendirian CV                                      = Rp     3.800.000,-

(akta, domisili,NPWP, daftar pengadilan, SIUP, TDP)

—————————- +

= Rp  263.562.500,-

 

  1. Biaya Variabel
    1. Energi listrik @Rp 1.500.000,-  x 12                                  = Rp     18.000.000,-
    2. Kemasan produk @Rp 500/kg (550 Kg x 26 x 12)            = Rp     85.800.000,-
    3. Bahan baku 550kg/hari @Rp 7.500/kg

(550kgx26harix12bulan)                                                     = Rp 1.287.000.000,-

  1. Biaya perawatan @Rp. 500.000,-/bulan                             = Rp        6.000.000,-

5.  Biaya tenaga kerja sebanyak 17 orang :

  1. Tenaga kerja pabrik (buruh)

5 orang x Rp 750.000/bulan                                         = Rp      45.000.000,-

  1. Tenaga kerja (office)

2 orang x Rp 1.000.00/bulan                                        = Rp     24.000.000,-

  1. Tenaga kerja (distributor)

2  orang x Rp 750.000/bulan                                         = Rp       18.000.000,-

  1. Biaya peralatan pekerja:                                                      = Rp         3.000.000,-
    1. Biaya pajak:
    2. Pembayaran pajak promosi:
      1. Reklame suara (radio) @ Rp 80.000/bulan                   = Rp          960.000,-
      2. Reklame papan (billboard) ekonomi kelas

@ Rp.150.000,-/bulan                                                 = Rp       1.800.000,-

  1. Reklame tempel (stiker) Rp 5/cm2

10cm x 10cm = 100cm2 x Rp 5 = Rp 500,-

30 hari x Rp 500          @15000/bulan                         = Rp         180.000,-

  1. Biaya tak terduga                                                                = Rp     10.000.000,-

——————————– +

= Rp1.483.540.000,-

  1. Biaya Pendapatan

Biaya pendapatan adalah biaya yang didapat dari hasil penjual kopi. Kopi yang diproduksi dijual dengan harga Rp. 28.000,-/ kg. Harga tersebut merupaka harga pasaran dari kopi arabika. Harga tersebut digunakan karena, perusahaan tidak mungkin memasok harga lebih mahal atau murah dengan alasan peminat pasar.

Kopi terjual 500kg/hari x Rp. 28.000 =  Rp. 14.000.000,-/hari

Rp. 14.000.000 x 26 x12 =  Rp. 4.368.000.000

 

  1. Keuntungan

Keuntungan didapat dari pendapatan pertahun dikurangi dengan biaya variabel

Rp. 4.368.000.000 – Rp. 1.483.540.000 = Rp. 2.884.460.000/ tahun

 

  1. Perhitungan Biaya

Perhitungan biaya terbagi menjadi dua yakni perhitungan untuk biaya tetap dan perhitungan untuk biaya variabel atau tidak tetap yakni biaya yang dipengaruhi oleh kapasitas produksi.

a. Biaya Investasi

 

 

b.  Biaya Modal Kerja

 

 

c. Pembayaran Angsuran Kebank

 

d. Pendapatan (Analisis Rugi Laba)

 

 

e. Harga Pokok Penjualan (Harga Jual)

 

 

F. Aliran Kas

 

 

G.Pay Back Period

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

Kesimpulan dari rencana pabrik bubuk adalah rencana yang telah dibuat dapat direalisasikan untuk membuat pabrik kopi yang sebenarnya. Hal itu dapat diliat dari aliran dana yang ada, yaitu hasil penjualan dapat menutupi biaya pengeluran pabrik dalam melakukan produksi kopi, Dengan total pengeluaran per tahun sebesar Rp. 1.483.540.000 dan pendapatan per tahun sebesar Rp. 4.368.000.000 sehingga didapat keuntungan per tahun sebesar  Rp. 2.884.460.000.

Modal yang ada akan dilunasi selama 5 tahun,  dimana pembayaran per tahun Rp. 1.000.000.000/ 5 tahun = Rp. 200.000.000 dengan bunga per tahun 10%. Pada tahun pertama, pembayaran modal sebesar Rp. 300.000.000, kedua Rp. 280.000.000, ketiga Rp. 260.000.000, keempat Rp. 240.000.000. dan pada tahun kelima sebesar Rp. 220.000.000.

 

 

Tentang 3id01

nothing for this time :D
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s